SINGARAJA NAN INDAH DAN DAMAI



S
ingaraja merupakan Ibu Kota Kabupaten Buleleng  yang terletak di bagian utara dan memiliki wilayah paling luas di Pulau Bali.  Jarak dari kota Denpasar kurang lebih sembilan puluh delapan kilometer dan dapat ditempuh dengan kendaraan lebih kurang dua jam setengah.
        
  Di wilayah Kabupaten Buleleng-Singaraja ini terdapat obyek-obyek wisata yang sangat menarik antara lain obyek wisata pantai, budaya, keagamaan, pemandangan pegunungan, danau, tempat permandian dan air terjun.  Berikut ini beberapa obyek-obyek wisata yang dapat dikunjungi jika pembaca MKI akan berkunjung ke Singaraja.

1.  PANTAI LOVINA
          Pantai Lovina terletak sepuluh kilometer di sebelah barat kota Singaraja.  Pantainya sangat indah, ombaknya tenang, wisatawan dapat menyelam.  Dipantai ini juga dapat melihat ratusan ekor ikan lumba-lumba yang terdapat di laut bebas, yang paling indah wisatawan dapat menikmati terbenamnya matahari (Sunset).

2.  PULAU MENJANGAN
          Pulau ini termasuk wilayah Desa Pemuteran yang terletak enam puluh lima kilometer di sebelah Barat Singaraja atau tiga puluh kilo meter dari pelabuhan Gilimanuk.  Pulau Menjangan ini memiliki pemandangan dan suasana yang sangat indah, kita dapat melihat keindahan dalam laut dengan snorkeling dan diving.

3.  AIR TERJUN GITGIT
          Air terjun ini terletak di Desa Gitgit, sepuluh kilometer sebelah selatan kota Singaraja.  Disamping ada beberapa air terjun udara disana sangat sejuk.  Sebagian besar masyarakat Desa Gitgit bercocok tanam seperti:  coklat, cengkih, kopi dan vanilla.  Jadi selain menikmati keindahan air terjunnya, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam sekitarnya.

4.  AIR TERJUN MUNDUK
          Air terjun ini terletak di Desa Munduk, kurang lebih empat puluh lima kilometer sebelah Tenggara Singaraja.  Pemandangan disekitar air terjun ini sangat indah dan udaranya  sangat sejuk.

5.  AIR SANIH
          Merupakan tempat pemandian yang sumber airnya berasal dari laut,  terletak delapan belas kilometer dari kota Singaraja.  Anehnya walaupun sumber airnya dari laut, tetapi rasa airnya tidak asin.

6.  AIR PANAS BANJAR
          Adalah pemandian air panas yang terletak delapan belas kilometer sebelah Barat kota Singaraja, tepatnya di Desa Banjar Kecamatan Banjar.  Disamping terdapat kolam renang, disana juga ada restoran-restoran dan toko-toko souvenir.

7.   PURA PULAKI DAN PURA MELANTING
          Kedua Pura ini terdapat di sebelah Barat Singaraja, kurang lebih lima puluh tiga kilo meter dari Singaraja.  Pura Melanting terletak di atas Bukit, sementara Pura Pulaki terletak di pinggir Pantai, namun kedua Pura ini letaknya saling berdekatan.

8.  DANAU BUYAN DAN TAMBLINGAN
          Danau ini terletak di Desa Pancasari atau yang terkenal dengan Bedugul, kurang lebih dua puluh empat kilometer di sebelah Selatan Singaraja menuju ke Denpasar.  Tempat ini sangat cocok untuk olah raga, hiking, dan memancing.  Pemandangan di daerah sekitar danau  sangat indah sekali.


9.  PANCASARI
          Desa Pancasari terletak di sebelah Selatan kota Singaraja, kira-kira dua puluh empat kilometer menuju kota Denpasar.  Di Desa ini terdapat tanaman industri seperti Strawbery.  Udaranya sangat sejuk dan pemandangannya sangat indah.  Bagi yang suka bermain Golf, di sini terdapat lapangan Golf Balihandara yang lebih dikenal dengan nama Bedugul.

          Masih ada beberapa tempat wisata yang dapat dilihat wisatawan yang akan berkunjung ke Singaraja seperti Vihara Budha, Teluk Terima, Gedung Kertya, Monumen Buana Kertya, Kerapan Sapi, Pura Pojok Batu, Pura Penimbangan, Pura Beji dan masih banyak lagi.
          Untuk menunjang kelancaran pariwisata, maka pada tahun 2003 dibuka Kantor Imigrasi Kelas II Singaraja.  Kantor Imigrasi Singaraja ini memiliki wilayah kerja Kabupaten Buleleng (Singaraja), Kabupaten Jembrana (Negara), dan Kabupaten Karang Asem.  Kepala Kantor Imigrasi pada waktu itu adalah Bapak Ade R. Soeratman, SH dari tahun 2003 sampai dengan 28 Agustus 2006 dan yang kedua adalah Sutrisno, SH., MH dari 01 September 2006 sampai dengan Januari 2008.
            Demikianlah sekilas pandang  Kota Singaraja, Bali, mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan pembaca mengenai turisme di Indonesia, khususnya Pulau Bali.
Share on Google Plus

About ssss

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar